Breaking News

Objek yang dipelajari biologi

Objek yang dikaji biologi berupa kehidupan yang berjenjang, terdiri atas berbagai tingkat organisasi biologi mulai dari molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, dan bioma.
Objek yang dipelajari biologi
  • Molekul
    Molekul adalah bagian terkecil yang terdiri atas dua atau lebih ikatan atom. Atom merupakan unit terkecil dari suatu unsur. Biologi pada tingkat molekul, di antaranya memaparkan tentang DNA (asam deoksiribonukleat) dan RNA (asam ribonukleat) yang terlibat dalam sintesis protein. Dalam tingkatan ini juga dipelajari molekul-molekul polutan udara yang penting untuk mengatasi masalah lingkungan.
  • Sel
    Sel adalah unit terkecil yang memiliki kemampuan hidup dan berkembang biak. Biologi pada tingkat sel memaparkan tentang struktur dan gunsi setiap bagian sel serta proses kehidupan di dalam sel. Organel-organel dengan fungsi tertentu dapat ditemukan di dalam sel. Jadi, kita akan memagami bahwa proses kehidupan setiap organisme berlangsung di dalam sel.
  • Jaringan, Organ, Dan Sistem Organ
    Jaringan adalah kumpulan sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama. Biologi pada tingkat tersebut memaparkan tentang berbagai jenis, ciri, sifat, dan fungsi setiap jaringan, misalnya jaringan saraf dan jaringan otot.
    Beberapa jenis jaringan yang berbeda membentuk organ. Jantung, usus dan orak adalah contoh organ pada hewan (manusia), sedangkan akar dan batang adalah contoh organ yang memiliki oleh tumbuhan.
    Tingkat organisasi makhluk hidup berikutnya adalah sistem organ. Sistem organ tingkatan tersebut dipaparkan tentang beragam sistem, organ, misalnya sistem pencernaan dan pernapasan yang dalam fungsinya dikoordinasi oleh sistem regulasi.
  • Organisme (individu)
    Kumpulan berbagai sistem organ akan membentuk organisme. Pada tingkatan tersebut, ruang lingkup yang mempelajari di antaranya hubungan kerja sama dan ketergantungan antaraseluruh sistem organ, kelangsungan hidup setiap organisme terhadap lingkungannya serta klasifikasi dan pemberian nama spesies.
    Klasifikasi organisme dilakukan untuk mempermudah dalam mempelajari organisme, mengingat jumlah antar jenisnya sangat banyak. Organisme yang memiliki ciri yang sama dimasukkan ke dalam sati kelompok.
    Ada beberapa sistem klasifikasi yang telah berkembang, misalnya siste klasifikasi dua kingdom, lima kingdong (whittaker), enam kingdoong, dan tiga domain. Sistem klasifikasi tiga domain merupakan sistem baru yang mengelompokkan organisme menjadi tiga domain yang Bacteria, Arcaea, Dan Eukarya. Cara pemberian nama untuk spesies berlaku secara internasional dan bersifat universal. Penamaan tersebut pertama kali dikemukakan Carolus Linnaeus (1707-1778) yang dikenal dengan binominial nomenclature. Penamaan spesies menggunakan bahasa latin atau yang dilatinkan dan memuat aturan-aturan tertentu.
  • Populasi, Komunitas, Ekosistem, Dan Bioma
    Kelompok individu satu spesies yang hidup di tempat tertentu disebut populasi. Misalnya, populasi manusia, populasi semut, dan populasi padi.
    Tingkatan di atas populasi berupa komunitas, yaitu kumpulan populasi seluruh spesies yang menempati area yang sama. Misalnya, komunitas pantai yang dihuni oleh burung pelikan. Dalam komunitas tersebut terdapat ikan yang dimakan oleh burung pelikan, beragam jenis serangga, cacing, moluska, tumbuhan, dan jamur.
    Komunitas beserta lingkungan fisiknya (seperti tanah dan air) menjadi objek kajian pada tingkatan ekosistem. TIngkatan berikutnya berupa bioma, yaitu suatu komunitas utama di bumi yang diklasifikasikan berdasarkan komunitas tumbuhan (vegetasi) yang dominas.
    Pengetahuan tentang populasi, komunitas, ekosistem, dan bioma dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah lingkungan. Misalnya, ledakan populasi, konservasi alam, dan tataruang daerah.

Related Post:

Posted by: Tri Denda
Tri Denda - Berbagi Itu Asyik Updated at: 4:10 am

2 comments:

Berkomentar sesuai judul artikel dan tidak disingkat.
Kritik dan saran juga boleh asal sifatnya membangun!!

 
Desain Oleh Tri Denda