Breaking News

10 lubang masuknya setan ke Hati Manusia

Nasihat yang sering kita dengan yaitu jangan banyak melamun nanti kemasukan setan memang betul adanya. Alquran menegaskan hal tersebut :  "Setan meberikan janji yang membangkitkan angan-angan kosong kepada mereka. Walhal setan itu tidak menjanjikan kepada mereka kecuali tipu daya belaka. Tempat mereka itu ialah di neraka jahanam dan mereka tidak memperoleh tempat lari daripadanya" (QS An-nisa : 120-121).

Hati yang kita ketahui adalah perasaan. Tapi sebenarnya perasaan itu bukan di hati tapi di otak kanan. Otak kanan yang mengatur emosi, perasaan, dan lain-lain, termasuk melamun menggunakan otak kanan yang biasa disebut menggunakan hati manusia. Menurut para ulama, setan akan menguasi manusia melewati 10 lubang masuknya setan ke Hati Manusia :

  1. Melalui sifat bohong dan angkuh
    Dua sifat inilah yang amat mudah tersemai dan menyubur dalam diri manusia. Ia berawal dari ego manusia itu sendiri yang lazimnya akan mudah hanyut ketika dilimpahi kemewahan dan kesenangan.
  2. Melalui sifat bakhil
    Setiap harta benda dan kemewahan yang diperoleh adalah karunia Allah. Sepatutnya dibelanjakan ke jalan yang haq. Ia sepantasnya digunakan untuk membantu kesulitan hidup orang yang memerlukan, melalui kewajiban berzakat atau bersedekah.
  3. Melalui sifat takabur
    Sifat ini selalu bersemai dalam diri seseorang yang merasa sudah memiliki segala-galanya dalam hidup ini. Mereka lupa bahwa kesenangan dan kenikmatan yang dikaruniakan kepadanya itu bisa saja  ditarik oleh Allah kapan saja.
    Allah berfirman : "Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang takabur" (QS AN Nahl :23)
  4. Sifat khianat
    Khianat yang dimaksudkan bukan saja melalui perbuatan merusak milik orang lain, tetapi juga mengkhianati hidup orang lain dengan tidak mematuhi segala bentuk perjanjian.
  5. Sifat tidak suka menerima ilmu dan nasihat
    Rassulullah SAW selalu menasihati para sahabatnya agar menjjauhkan diri masing-masing daripada menjadi golongan manusia yang dibenci Allah. Yakni golongan yang tidak suka menerima nasihat orang lain.
  6. Melalui sifat hasad
    Perasaan hasad selalu diikuti dengan rasa benci dan dendam berpanjangan. Rasulullah pernah bersabda yang artinya: "Hindarilah sifat hasad, karena ia akan memakan amalan kamu sebagai mana api memakan kayu yang kering" (HR Bukhari dan Muslim).
  7. Melalui sifat suka meremehkan orang lain
    Sifat ego manusia ini akan lahir apabila seseorang merasakan dirinya lebih baik jika dibandingkan dengan orang lain. Abu Umamah pernah meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah bersabda yang artinya: "Tiga kelompok mansia yang tidak boleh dihina kecuali orang munafik yang orang tua, orang yang berilmu dan imam yang adil." (HR Muslim)
  8. Melalui sifat ujub atau bangga diri
    Menurut Imam Ahmad, Rasulullah telah bersabda yang artinya: "Jangan kamu bersenang-senang dalam kemewahan karena sesuungguhnya hamba Allah itu bukan orang yang bersenang-senang sahaja" (HR Abu Naim dari Muaz bin Jabal)
  9. Melalui sifat suka berangan-angan
    Islam adalah anti kemalasan. Orang yang malas berusaha mencapai kesuksesan dipandang hina oleh Allah dan manusia. Mereka lebih gemar berpangku tangan dan menyimpan impian yang tinggi tetapi malas berusaha untuk memperolehnya.
  10. Melalui sifat buruk sangka
    Seseorang yang suka menuduhorang laon melakukan kejahatan tanpa diselidiki terlebih dulu amat dicela oleh Islam. Rasulullah bersabda yang artinya: "Kelak akan ada seseorang berkata kepada orang ramai bahwa mereka sudah rusak. Seseungguhnya orang berkata telah rusak dirinya" (HR Musilim)
Setelah membaca semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih sudah membaca artikel saya yang berjudul 10 lubang masuknya setan ke Hati Manusia. Untuk menambah wawasan adana silahkan baca juga artikel saya yang satu ini 15 hewan dengan gigitan terkuat.

Related Post:

Posted by: Tri Denda
Tri Denda - Berbagi Itu Asyik Updated at: 4:22 am

No comments:

Post a Comment

Berkomentar sesuai judul artikel dan tidak disingkat.
Kritik dan saran juga boleh asal sifatnya membangun!!

 
Desain Oleh Tri Denda