Breaking News

Kebudayaan mesir kuno

Kebudayaan mesir kunoKebudayaan mesir kuno adalah suatu negara yang makmur dan kaya, oleh karena itu kebudayaannya dapat tumbuh dengan mantap. Tatanan peradabannya dibangun selama berabad-abad dengan berbagai karya besar, seperti bangunan piramid, sphinx, huruf hieroglif, obelisk (tuku), kapal laut yang besar, bangunan pemujaan, dan berbagai artifak lainnya. Bangsa mesir juga mempercayai adanya roh pada diri manusia dan roh ini setelah mati nantinya akan menghuni kerajaan Osiris di alam akhirat. Kepercayaan inilah yang memicu perkembangan peradaban mesir melalui dibangunnya beraneka macam bangunan monumental.

Menurut bangsa mesir kuno, roh dapat desempurnakan di alam akhiratjika jasad manusia mati itu terpelihara dengan baik dan diabadikan dalam bentuk patuung, lukisan, atau paling tidak namanya ditulis dalam peti mati. Di zaman itu kuburan mencerminkan kedudukan seseorang. Para raja yang disebut Firaun secara turun temurun memerintahkan pembangunan piramida sebagai makam mereka.

Masa keajaan mesir puba berlangsung sekitar 3300-2100 SM. Firaun yang pertama bernama Menes membangun kerajaan mesir dengan ibukota di memphis, yang kemudian dipindahkan ke thebe di sebelah selaran. Sewaktu menes mangkat di bangun kuburan berbenttuk mastaba, sedangkan piramida baru mulai dibangun pada generasi ketiga. Piramida awal ini terletak di dekat dichur. Kemudian, dibangun piramida bertangga dengan sakkarah. Piramida-pirdamida yang besar dan terkenal adalah piramida yang dibangun oleh firaun khufu (raja Cheops, Khafara (Chepren, dan Menkere (Mukerenos, kesemuanya dari generasi ke 4 raja-raja mesir purba (2900-2700 SM).

Piramida adalah bangun berbentuk prisma. Didalamnya, terdapat saluran udara dan lorong0lorong kecil yang menghubungkan ruang-ruang kuburan. dibeberapa lokasi, terdapat sejumlah ruangan yang dipenuhi dengan tulisan hieroglif, tulisan mesir kuni yang berupa simbol-simbol bergambar. Dibeberapa lokasi lainnya berisi sejumlah harta karun oenunggalan raja yang meninggal.

Dari segi budaya rupa, kemampuan banggsa mesir membangun piramida menunjukkan telah dimilikinya peradaban yang tinggi, baik dari ilmu feometri, konstruksi, maupun susunan batu-batu padat, bangsa mesir purba telah mampu menunjukkan kemampuan teknologi yang amat maju di zamannya di bandingkan dengan bangsa lainnya.

Disamping piramida, bentuk budaya rupa mesir purba lainnya adalah alat-alat kedokteran , candi-candi, patung tembaga, patung perunggu, huruf hieroglif, luksan dinding, alat pertanian, bebagai bentuk ragam hias yang memenuhi istana, peti mati, pakaian, serta peralatan sehari-hari. Ciri utama ragam hias kebudayaan mesir adalah banyaknya wujud cisual berbentuk geometri : garis vertikal dan horizontal : wujud kepala binatang mitologis L warna merah, biru dan emas : ragam kelompok sisi huruf hoeroglif dan penggambaran satu muka (pinggir).

Baca juga : Tabel periodik Mendeleev dan Meyer atau Objek yang dipelajari biologi

Related Post:

Posted by: Tri Denda
Tri Denda - Berbagi Itu Asyik Updated at: 7:44 pm

No comments:

Post a Comment

Berkomentar sesuai judul artikel dan tidak disingkat.
Kritik dan saran juga boleh asal sifatnya membangun!!

 
Desain Oleh Tri Denda