Breaking News

Gaya gravitasi dan cara melawan gaya gravitasi

Gaya gravitasi adalah gaya yang menarik semua benda, baik benda hiidup maupun benda tak hidup ke arah pusat bumi. Gaya gravitasi bumi disebut juga gaya tarik bumi. Gaya gravitasi dapat dipelajari pada benda yang mengalami gerak jatuh. Daun yang lepas dari tangkainya selalu jatuh ke tanah. Begitu pula para penerjun payung juga jatuh ke bawah setelah melompat dari pesawat. Peristiwa tersebut terjadi karena daun dan penerjunn ditarih oleh gaya gravitasi bumi.

Apa yang terjadi jika tidak ada gaya gravitasi?
  • Jika tidak ada gaya grabvitasi, semua benda dipermukaan bumi akan melayang-layang. Hal itu terjadi diluat angkasa.
    Gaya gravitasi dan cara melawan gaya gravitasi
    Satelit dapat melayang di luar angkasa
Pengaruh gaya gravitasi terhadap benda
  1. Permukaan air selalu datar
    Pengaruh gaya gravitasi dapat kita lihat dari sifat air, yaitu permukaannya yang selalu datar meskipun dimiringkan.
  2. Benda memiliki berat
    Adanya gaya gravitasi menyebabkan benda mempunyai berat. Perbedaan besar gaya gravitasi menyebabkan perbedaan berat benda. Gaya gravitasi di bumi kira-kira 6 kali lebih besar daripada di bulan. Oleh karena itu, berat kamu di bumi akan 6 kali lebih besar dari berat kamu di bulan.
  3. Benda jatuh ke bawah
    Gaya gravitasi bumi menyebabkan semua benda jatuh ke bawah. Semakin ke bawah, gerak jatuh benda semakin cepat. Kecepatan gerak jatuh benda tidak tergantung pada berat badannya Benda berat, kecuali jika diperlambat oleh udara.
    Dalam gampa udaram jika sebuah koin logam dan segelai bulu angsa dijatuhkan, maka koin dan bulu akan jatuh dengan kecepatan yang sama dan tiba di tanah pada waktu yang bersamaan. Jika koin dan bulu angsa dijatuhkan dalam ruangan berisi udara, maka koin akan jatuh lebih cepat daripada bullu karena bulu mendapat hambatan udara yang lebih besar. Koin lebih berat, bentuknya lebih padat, dan ukurannya lebih kecil dibandingkan bulu. Akibatnya, hambatan udara yang dialami koin ebih kecil sehingga lebih cepat sampai ke tanah.
Bagaimana cara melawan gaya gravitasi?
Setiap benda akan jatuh kebawah, begitulah hukum gaya gravitasi. Akan tetapi, ada beberapa mahkluk hidup dan benda yang dibuat oleh manusia mampu melawan gaya gravitasi. Makhluk hidup dan benda-benda tersebut dapat melayang di udara, kemudian turun ke bawah ketika mereka menginginkan untuk turun. Burung, pesawat terbang, dan balon udara termasuk makhluk hidup dan benda yang dapat melawan gaya gravitasi. Bagaimana caranya?
  1. Pesawat terbang mengasilkan gaya angkat ketika bergerak melalui udara. Untuk menghasilkan gaya angkat yang besar haru berpacu di landasan sebelum lepas landa.
  2. Burung menggunakan ototnya untuk mengepalkan sayapnya agar menghasilkan gaya angkat yang cukup untuk terbang.
  3. Balon udara mendapatkan gaya angkat dari udara panas yang ada di dalamnya. Udara panas pada balon udara dihasilkan dari alat pembakaran yang ada di balon udara.
Baca ini : Kebijakan belanda di indonesia

Related Post:

Posted by: Tri Denda
Tri Denda - Berbagi Itu Asyik Updated at: 11:59 pm

1 comment:

  1. Bagus sekali, tulisan pengetahuan praktis tentang gravitasi. Pertanyaan. Bagaimana kita mengukur suatu benda dapat melayang di udara ? atau berapa kekuatan daya untuk melawan garvitasi agar benda tersebut bisa melayang ?....trims

    ReplyDelete

Berkomentar sesuai judul artikel dan tidak disingkat.
Kritik dan saran juga boleh asal sifatnya membangun!!

 
Desain Oleh Tri Denda