Breaking News

Keuntungan dan kerugian gaya gesek

Gaya gesek adalah gaya yang timbul akibat pergerakan benda-benda yang bersentuhan dengan arah berlawanan. Oleh karena itu, gaya gesek selali menghambat gerak benda. Gaya gesek dapat terjadi baik di darat, air, maupun udara. Orang yang berjalan di trotoar mengalami gaya gesek antara kaki dan trotoar. Orang yang sedang berenang mengalami gaya gesek antara tubuh dan air. Orang yang sedang terjun payung mengalami gaya gesek antara tubuh dan perasut dengan udara.
  1. Pengaruh permukaan terhadap gaya gesek
    Besar kecilnya gaya gesek dipengaruhi oleh permukaan benda-benda yang bersentuhan. Agar lebih mudah kamu memahami, perhatikan kedua gambar tersebut!

    Keuntungan dan kerugian gaya gesek

    Mobil (A) berjalan di jalan yang halus, sedangkan mobil (B) berjalan di jalan yang berbatu terjal. Di antara mobil tersebut, mobil manakah yang menurut lebih mudah berjalan?
    Terntu mobil (A) akan lebih mudah berjalan, bukan?? Hal itu karena permukaan yang halus mengasilkan gaya gesek yang lebih kecil dibandingkan dengan permukaan yang kasar.
  2. Cara memperkecil gaya gesek
    a. Memakai pelumas
    Pelumas dapat mengurangi gesekan yang terjadi pada mesin sehingga mesin tidak cepat rusak.

    b. Memperhalus permukaan benda
    Permukaan yang halus membuat benda lebih mudah bergerak. Misalnya, jalan beraspal bertujuan untuk memperkecil gesekan aatara ban kendaraan dan jalan, sehingga kendaraan lebih mudah meluncur.
    Pada permainan karambol, koin digerakkan di atas meja. Agar koin mudah bergerak, meja karambol ditaburi bedak atau tepung kanji. Bedak atau tepung kanji bertujuan untuk memperhalus permukaan benda sehingga memperkecil gesekan antara koin dan meja karambol.

    c. Memperkecil luas permukaan
    Gaya gesek dapat diperkecil dengan memperkecil luas permukaan benda. Coba kamu amati bentuk haluan pesawat terbang. Bentuk yang ramping dan runcing membuat pesawat terbang mudah bergerak melewati udara. Pada umumnya, ikan juga memiliki bentuk yang ramping dan runcing, sehingga memudahkan ikan berenang di dalam air.

  3. Cara memperbesar gaya gesek
    a. Membuat alur dan corak kasar pada permukaan benda
    Coba kamu amati sol sepatu dan ban mobil!! Alur yang kasar membuat sol dan ban mempunyai daya cengkeram yang kuat sehingga tidak mudah tergelincir meskipun jalan basah dan licin.

    b. Melapisi permukaan benda dengan karet
    Karet merupakan bahan yang bersigat kesat dan tahan air sehingga karet dapat memperbesar gaya gesek. Beberapa benda yang dilapisi karet untuk memperbesar gaya gesek di antaranya sol sepatu, ban kendaraan bermotor, dan ban sepeda.

    c. Memperluas bidang permukaan
    Benda yang bidang permukaannya luas memiliki gaya gesek terhadap udara lebih besar daripada benda yang bidang permukaannya sempit. Misalnya, olahraga terjun payung memanfaatkan lebar perasut untuk memperlambat gerak jatuh.
  4. Keuntungan dan kerugian akibat gaya gesek
    gaya gesek memberikan keuntungan dan kerugian dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa contoh keuntungan dan kerugian yang diakibatkan oleh gaya gesek.

    a. Rem
    Rem memberikan keuntungan dengan menghasilkan gaya gesek yang sangat besar sehingga dapat menghentikan kendaraaan yang bergerak, hanya dalam beberapa detik. Namun, gesekan antara kampas rem dengan pelek roda juga merugikan karena dapat mengikis kampas rem.

    b. Sol sepatu
    Gesekan yang terjadi antara sol sepatu dan permukaan jalan membuat kita tidak mudah tergelincir, tetapi gaya gesekan tersebut juga membuat kita mengeluarkan tenaga lebih besar untuk berjalan di permukaan yang kasar.

    c. Gesekan pada mesin
    Gesekan pada mesin diperlukan untuk menjalankan mesin tersebut. Namun, gesekan yang terlalu keras justru sangat merugikan. Gesekan antarlogam dalam mesin menyebabkan mesin menjadi panas sehingga cepat aus dan rusak. Oleh karena itu, dilakukan pencegahan untuk mengurangi gesekan, yaitu dengan cara memberikan minya pelumas.
Baca ini : Gaya gravitasi dan cara melawan gaya gravitasi

Related Post:

Posted by: Tri Denda
Tri Denda - Berbagi Itu Asyik Updated at: 11:58 pm

No comments:

Post a Comment

Berkomentar sesuai judul artikel dan tidak disingkat.
Kritik dan saran juga boleh asal sifatnya membangun!!

 
Desain Oleh Tri Denda